Kurikulum
  • Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah
    • 2022
    • 2020
      • Komputer Akuntansi
        • Pertemuan 1
          • Tujuan Pembelajaran :
          • Materi
            • Pengantar Komputer Akuntansi
              • Definisi Komputer Akuntansi.
              • Peran Komputer Akuntansi dalam dunia bisnis dan akuntansi.
              • Perbandingan antara Komputer Akuntansi dan akuntansi manual.
            • Sejarah Komputer Akuntansi
              • Perkembangan awal penggunaan komputer dalam akuntansi.
              • Perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak Komputer Akuntansi.
              • Melampaui era komputer besar hingga aplikasi desktop dan cloud saat ini.
            • Perkembangan Teknologi dalam Akuntansi
              • Perkembangan teknologi yang mendukung Komputer Akuntansi.
              • Peran Internet, perangkat mobile, dan cloud computing dalam transformasi akuntansi.
                • Internet dalam Transformasi Akuntansi
                  • Akses Data Online:
                  • Aplikasi Akuntansi Berbasis Web
                  • Kolaborasi dan Berbagi Data
                • Perangkat Mobile dalam Transformasi Akuntansi
                  • Akses Data di Mana Saja
                  • Aplikasi Mobile
                  • Pemindaian Dokumen
                • Cloud Computing dalam Transformasi Akuntansi
                  • Penyimpanan Data Terpusat
                  • Skalabilitas
                  • Keamanan dan Pemulihan Bencana
            • Manfaat Komputer Akuntansi
              • Efisiensi dan produktivitas dalam pencatatan dan pelaporan keuangan.
              • Akurasi yang lebih tinggi dalam pengolahan data akuntansi.
              • Kemampuan analisis data yang lebih baik untuk pengambilan keputusan.
          • Metode Pengajaran
          • Evaluasi
          • Referensi
        • Pertemuan 2 - 3
          • Tujuan Pembelajaran
          • Materi
            • Pengantar Perangkat Lunak Akuntansi
              • Definisi perangkat lunak akuntansi.
              • Peran perangkat lunak akuntansi dalam mendukung proses akuntansi bisnis.
                • Pencatatan Transaksi
                • Pengolahan Otomatis
                • Pelaporan Keuangan
                • Pemantauan Anggaran
                • Manajemen Persediaan
                • Pengelolaan Pajak
                • Audit dan Kepatuhan
                • Manajemen Kas
                • Penghematan Waktu
              • Keunggulan penggunaan perangkat lunak akuntansi dibandingkan dengan akuntansi manual.
            • Perangkat Lunak Akuntansi Populer
              • Beberapa perangkat lunak akuntansi yang populer
                • Odoo
                • MYOB (Mind Your Own Business)
                • SAP Bussinis One
                • Oracle NetSuite
                • Zahir Accounting
                • Mekari Jurnal
                • Accurate
              • Kelebihan dan kekurangan masing-masing perangkat lunak
                • Kelebihan dan Kekurangan Odoo
                • Kelebihan dan Kekurangan MyOb
                • Kelebihan dan Kekurangan SAP One
                • Kelebihan dan Kekurangan NetSuite
                • Kelebihan dan Kekurangan Zahir Accounting
                • Kelebihan dan Kekurangan Mekari Jurnal.id
                • Kelebihan dan Kekurangan Accurate
              • Pemilihan perangkat lunak yang sesuai untuk kebutuhan bisnis
            • Instalasi, Registrasi Perangkat Lunak Akuntansi
            • Penggunaan Dasar Perangkat Lunak Akuntansi
          • Metode Pengajaran
          • Evaluasi
          • Referensi
        • Pertemuan 4 - 5
          • Tujuan Pembelajaran:
          • Materi
            • Pengantar Chart of Accounts (COA)
              • Definisi Chart of Accounts
              • Peran COA dalam klasifikasi dan pengelompokan transaksi keuangan.
              • Struktur COA yang Umum Digunakan
            • Pembuatan Chart of Accounts
              • Langkah-langkah dalam pembuatan COA
                • Praktek Membuat Coa
              • Pengelompokan akun-akun berdasarkan jenis (aset, kewajiban, modal, pendapatan, biaya )
                • Praktek Pengelompokan akun-akun berdasarkan jenis
              • Penggunaan kode akun dan sub-akun dalam COA.
                • Praktek Penggunaan kode akun dan sub-akun dalam COA.
            • Pencatatan Transaksi
              • Proses pencatatan transaksi harian dalam perangkat lunak akuntansi.
              • Penggunaan COA dalam pencatatan transaksi.
              • Pengisian kolom-kolom seperti tanggal, keterangan, jumlah, dan referensi.
            • Penggunaan Jurnal Akuntansi
              • Konsep jurnal akuntansi dan peranannya dalam pencatatan transaksi.
              • Jenis-jenis jurnal (jurnal umum, jurnal pembelian, jurnal penjualan, dll.)
              • Contoh penggunaan jurnal dalam perangkat lunak akuntansi.
  • Akuntansi Syariah
Powered by GitBook
On this page
  1. Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah
  2. 2020
  3. Komputer Akuntansi
  4. Pertemuan 2 - 3
  5. Materi
  6. Pengantar Perangkat Lunak Akuntansi
  7. Peran perangkat lunak akuntansi dalam mendukung proses akuntansi bisnis.

Manajemen Persediaan

Dalam Odoo, Anda dapat mengintegrasikan manajemen inventaris dengan perangkat lunak akuntansi untuk memantau dan mengelola persediaan dengan lebih efisien. Berikut adalah contoh bagaimana Anda dapat menggunakan Odoo untuk manajemen persediaan:

Contoh: Manajemen Persediaan di Odoo

  1. Membuat Kategori Produk:

    • Anda memulai dengan membuat kategori produk yang sesuai dengan jenis barang yang Anda jual. Misalnya, Anda dapat membuat kategori untuk "Elektronik," "Pakaian," dan "Aksesoris."

  2. Membuat Daftar Produk:

    • Anda membuat daftar produk dalam setiap kategori, dengan detail seperti nama produk, deskripsi, harga, dan gambar.

    • Setiap produk diberi nomor referensi yang unik.

  3. Mencatat Pembelian Produk:

    • Saat Anda melakukan pembelian produk dari pemasok, Anda mencatat transaksi pembelian di Odoo. Anda mengidentifikasi produk yang dibeli, jumlahnya, dan harga per unit.

    • Odoo secara otomatis menambahkan jumlah produk ke dalam stok Anda.

  4. Pencatatan Penjualan Produk:

    • Ketika Anda menjual produk kepada pelanggan, Anda mencatat transaksi penjualan di Odoo. Anda mencantumkan produk yang dijual, jumlah yang dijual, dan harga penjualan.

    • Odoo secara otomatis mengurangkan jumlah produk dari stok Anda.

  5. Pemantauan Stok Otomatis:

    • Odoo secara otomatis memantau stok barang yang tersedia. Jika stok suatu produk mencapai batas tertentu yang telah Anda tetapkan (misalnya, batas minimum), Odoo dapat memberikan peringatan atau bahkan membuat pesanan pembelian otomatis kepada pemasok.

  6. Laporan Persediaan:

    • Anda dapat menghasilkan laporan persediaan yang menunjukkan jumlah stok produk yang tersedia, produk yang paling laku terjual, nilai persediaan, dan informasi penting lainnya.

  7. Manajemen Alokasi Stok:

    • Jika Anda memiliki beberapa lokasi penyimpanan atau cabang, Odoo memungkinkan Anda mengelola alokasi stok antar lokasi dengan mudah.

  8. Integrasi Akuntansi:

    • Odoo mengintegrasikan manajemen persediaan dengan akuntansi, sehingga transaksi pembelian dan penjualan secara otomatis mempengaruhi akun persediaan dan akun keuangan terkait.

Dengan integrasi manajemen persediaan dan akuntansi dalam Odoo, Anda dapat memantau stok barang secara real-time, menghindari kekurangan atau kelebihan persediaan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengambil keputusan yang lebih baik berdasarkan data persediaan yang akurat.

PreviousPemantauan AnggaranNextPengelolaan Pajak

Last updated 1 year ago